left5
Blog

7 Candi di Jogja yang Bagus dan Eksotis

Candi di Jogja yang Bagus dan Eksotis

Yogyakarta, salah satu provinsi yang memiliki tempat wisata keren dan eksotis. Tak heran, banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri melancong kesini. Salah satu destinasi yang paling diminati adalah wisata heritage seperti candi. Tempat wisata di Jogja lumayan banyak dengan pemandangan yang keren, tapi sayangnya banyak wisatawan yang tidak mengetahui hal tersebut termasuk wisata candi di Jogja yang bagus dan eksotis. Mereka hanya mengenal Candi Prambanan. Tapi tenang saja para pecinta wisata candi, pada kesematan yang berbahagia ini Arena Wisata akan berbagi beberapa candi di Jogja yaitu Candi Prambanan, Candi Ijo, Ratu Boko, Candi Barong, Candi Sambisari, Candi Kalasan dan Candi Sari.

 

Candi Prambanan

Siapa sih yang tidak tahu Candi Prambanan? Salah satu wisata Jogja yang paling banyak antusiasnya. Terkenal dengan kecantikan bangunan candinya dan penuh dengan cerita sejarah agama hindu yang bisa dieksplore disini. Candi ini dibuat untuk dipersembahkan untuk tiga dewa utama umat Hindu atau Trimurti yaitu, Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Selain itu, disini juga terdapat 3 candi  wahana atau kendaraan Trimurti tersebut yaitu Garuda sebagai kendaraannya Wisnu, Nandi sebagai kendaraannya Siwa dan Angsa sebagai kendaraannya Brahma. Total candi yang berada di area ini adalah 240 candi. Di bangunan Candi Prambanan ini juga terdapat relief-relief tentang kisah Ramayanan, Krisna.

 

Prambanan termasuk candi di Jogja yang bagus

Candi Ijo

Dinamakan Candi Ijo, karena lokasinya di Bukit Gumuk Ijo. Candi Ijo merupakan candi Hindu yang terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Karena ketinggiannya berada di sekitar 375 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan memiliki view yang indah, tempat ini sering didatangi para penikmat matahari terbenam.

 

Candi Ijo termasuk candi di Jogja yang bagus dan eksotis

Ratu Boko

Candi Ratu Boko berlokasi sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan. Candi ini juga disebut sebagai istana Ratu Boko. Diperkirakan situs Ratu Boko ini dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra yang beragama Budha, namun kemudian diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu. Selain itu, berdasarkan Prasasti Abhayagiriwihara yang ditemukan di situs ini, Ratu Boko dibangun oleh Rakai Panangkaran. Dalam prasasti itu disebutkan bahwa Raja Tejapurnama Panangkarana, yang diperkirakan adalah Rakai Panangkaran, telah memerintahkan pembangunan Abhayagiriwihara.
Di sekitar kawasan Ratu Boko terdapat beberapa kelompok bangunan. Sebagian besar di antaranya saat ini hanya berupa reruntuhan, seperti gebang, candi batu kapur, candi pembokoran, paseban, pendopo, keputren dan goa.

 

Candi Ratu Boko (Candi di Jogja)

Candi Barong

Candi Barong merupakan candi bercorak Hindu dan berada di tenggara kompleks Candi Ratu Boko, tepatnya di Dusun Candisari, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Tempat ini juga berada di atas bukit, sehingga udaranya sangat sejuk dan segar. Cocok banget buat kamu yang ingin menghilangkan kepenatan dan kejenuhan. Selain itu, tempat ini juga pas banget buat kalian yang ingin menghabiskan waktu terbenamnya matahari karena view-nya sangat eksotis dan indah.

 

Candi Barong (Candi di Jogja)

Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomatani, Kecamatan Kalasan, Sleman. Candi ini ditemukan oleh seorang petani pada tahun 1966 dan dinamakan sesuai dengan lokasi tersebut, yaitu Candi Sambisari. Candi yang bercorak Hindu ini, dikelilingi dengan hamparan rumput hijau yang rapi dan menyejukan mata.

 

Candi Sambi Sari (Candi di Jogja)

 

Silahkan baca juga tawaran Paket Wisata Murah kami:
  1. Paket Wisata jogja
  2. Paket Wisata Karimunjawa
  3. Paket Wisata Malang
  4. Paket Wisata Bali
  5. Paket Wisata Lombok

Candi Kalasan

Candi Kalasan yang termasuk candi di Jogja yang Bagus dan Eksotis ini merupakan sebuah candi bercorak Budha yang terletak di Desa Kalasan, Kabupaten Sleman. Wisata peninggalan sejarah ini dibangun pada zaman Rakai Panangkaran (Maharaja Tejapurnapana Panangkaran) dari silsilah Syailendra. Candi Kalasan ini memiliki tubuh dan atap yang dihias sangat indah dan memiliki 52 stupa.

 

Candi Kalasan (Candi di Jogja)

Candi Sari

Terletak di Bendan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi di bangun pada masa kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8 dan 9 dan merupakan candi agama Budha. Candi ini memiliki keunikan seperti candi Kalasan dimana terdapat bajralepa atau lapisan permukaan relief-relief candi yang berwarna keemasan. Selain itu,candi ini juga memiliki pahatan arca yang berukuran sama dengan manusia berjumlah 36 arca.

 

Candi Sari (Candi di Jogja)

 

Okey sahabat Arena, mungkin ini saja yang bisa Arena Wisata bagikan kepada kalian semua tentang Candi di Jogja yang Bagus dan Eksotis. Bagi kalian yang sedang berada di Jogja, jangan lupa untuk hunting tempat-tempat wisata candi yang eksotis ini ya… ^_^

 

Jika kalian ingin bertanya atau berkonsultasi tentang Paket Wisata, kalian bisa langsung menghubungi kami gratis via Telp/SMS/WA:

0811-2827-314 0811-2827-315

Atau kalian juga bisa datang langsung ke Outlet kami di:

Jl. Wonosari km 7.5 Mantup, Banguntapan, Yogyakarta
Tags

Related Articles

1 thought on “7 Candi di Jogja yang Bagus dan Eksotis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *